Vampire

Vampire
Powered by Blogger.

Zombie Bangkit dan Akan Terjadi Seperti Zombie Apocalypse , Benarkah ?

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan yang namanya zombie. Mahluk fiksi pemangsa manusia ini sudah sering dijadikan tema cerita pada komik, game dan film. Zombie kerap kali digambarkan sebagai mahluk kanibal yang memiliki wujud yang mengerikan serta berbahaya. Hal inilah yang membuat zombie sangat disukai oleh masyarakat karena zombie dapat memunculkan rasa takut sehingga adrenalin kita terpacu saat memainkan game atau menonton film yang bertemakan zombie.




Didalam film atau game ini, pasti ada sebuah alur cerita khusus yang menjelaskan bagaimana awal mula terjadinya wabah zombie (zombie apocalypse). Sebagian besar tema yang digunakan biasanya hanya karangan fiksi dari si produser atau si penulis film, tetapi ada juga tema game/film zombie yang diangkat dari kejadian-kejadian alam yang terjadi di dunia nyata. Atau dengan kata lain ada virus ataupun parasit yang mungkin saja dapat membuat seseorang mengalami perubahan sifat dan perilaku, sehingga mereka bertingkah layaknya zombie. Wah... seram juga ya ...

1. Virus
Ada banyak game/film yang menceritakan awal mula penyebaran zombie yang disebabkan oleh virus. Dalam dunia nyata, sebagian besar virus dapat membuat seseorang jatuh sakit dan beberapa virus ini sangat mematikan karena infeksi virus tidak mudah untuk diobati. Selain itu, virus juga dapat berevolusi menjadi beberapa tipe bahkan dapat menyebar antara spesies yang satu ke spesies lainnya.

Salah satu contoh virus berbahaya adalah virus rabies. Virus ini dapat menular dari binatang mamalia seperti anjing kepada manusia melalui gigitan. Jika seseorang sudah terjangkiti virus rabies, maka virus ini akan menyerang sistem syaraf orang tersebut. Dan hasilnya si penderita dapat bertindak agresif seperti menyerang dan mengigit orang lain. Dari gigitan inilah, virus akan menyebar dan menginfeksi orang lain layaknya zombie di film-film yang sering kita tonton.

2. Voodoo
Voodoo sebenarnya adalah salah satu sistem kepercayaan yang dianut oleh orang-orang di negara-negara Afrika dan sekitarnya. Didalam kepercayaan voodoo, ada 2 macam entitas yaitu entitas baik dan entitas jahat. Para praktisi voodoo yang baik menggunakan keahlian mereka untuk menyembuhkan orang yang sakit atau memberikan perlindungan batin terhadap seseorang. Namun voodoo juga dapat digunakan untuk hal-hal yang jahat seperti membuat orang menjadi sakit atau membuat seseorang tunduk pada perintah si dukun.

Percaya atau tidak, vodoo ternyata dapat juga dipakai untuk membuat zombie. Menurut cerita-cerita yang didapat dari masyarakat Haiti, Bokor (dukun voodoo) dapat membangkitkan orang-orang mati dari kuburnya. Hal ini dilakukan agar orang tersebut bisa dijadikan budak di lahan-lahan perkebunan. Budak-budak ini akan bertingkah layaknya zombie.

Cara-cara yang digunakan si dukun cukup mengerikan. Si korban yang akan dijadikan budak biasanya akan diberikan racun yang dapat membuat seseorang terlihat seperti orang mati. Setelah itu, pada saat korban sudah dikuburkan oleh keluarganya, si dukun kemudian akan datang dan menggali makam korbannya tersebut. Lalu si dukun akan memberikan penawar racun yang telah dibuatnya sehingga korban dapat "hidup" (sadar/siuman) kembali.

Setelah si korban sadar, si dukun selanjutnya akan memberikan semacam obat psikotropika kepada si korban. Efek yang ditimbulkan dari obat ini dapat membuat seseorang bertingkah seperti zombie, dimana si korban akan lupa tentang siapa dirinya, dapat bekerja tanpa lelah dan selalu menuruti perintah majikannya.

3. Siput Zombie

Salah satu spesies cacing pipih yang paling ditakuti didunia siput adalah Leucochloridium paradoxum. Jika mendengar nama cacing ini, mungkin semua siput akan bersembunyi dalam cangkang kecil mereka. Cacing ini sebenarnya adalah cacing parasit yang menggunakan tubuh siput sebagai induk inangnya.

Dalam siklus hidupnya, telur cacing akan masuk ketubuh siput melalui makanan. Setelah telur berada didalam tubuh siput, cacing akan tumbuh pada bagian mata siput yang berbentuk seperti antena. Yang membuat cacing ini sunguh mengerikan adalah si cacing akan membuat siput pergi ketempat yang terang, tidak seperti siput normal lainnya yang lebih menyukai tempat yang gelap dan lembap. Hal ini dilakukan agar si siput mudah dimangsa oleh predatornya yaitu burung.

Jika burung berhasil memangsa siput yang malang ini, si cacing akan bertelur didalam sistem pencernaan burung. Dan pada akhirnya, telur cacing tersebut akan keluar bersamaan dengan kotoran burung. Kotoran ini kemudian akan jatuh ketanah dan dimakan lagi oleh siput lain yang akan mengalami nasib yang sama seperti siput zombie sebelumnya.

4. Cordycep, Si Jamur Zombie

Jamur Cordycep pernah digunakan oleh salah satu developer game untuk dijadikan tema pada game zombie mereka. Untungnya, saat ini jamur cordycep hanya bisa menginfeksi serangga-serangga kecil seperti semut, belalang, laba-laba, dll.

Cara kerja jamur ini terbilang cukup unik, layaknya semua jamur normal, cordycep menggunakan spora untuk berkembang biak. Tetapi medium yang digunakan untuk perkembangbiakan jamur inilah yang tidak normal, yaitu menggunakan tubuh serangga hidup.

Didalam hutan, semut/serangga yang sudah terkena spora cordysep akan menunjukan perilaku yang tidak normal. Semut ini akan meninggalkan koloninya, dan bergerak menuju kanopi hutan atau tempat-tempat yang tinggi. Setelah sampai ditempat yang tinggi, semut/serangga tersebut akan memposisikan tubuhnya menghadap ketanah. Dan yang terjadi selanjutnya akan sangat mengerikan, cordycep akan mulai tumbuh dari dalam tubuh serangga dengan memanfaatkan nutrisi yang ada didalam tubuh serangga. Jadi serangga ini akan perlahan-lahan mati, sementara cordycep akan terus tumbuh.

Setelah jamur tumbuh dewasa, cordysep kemudian akan melepaskan sporanya dari kanopi hutan. Dan spora tersebut akan jatuh menuju dasar hutan dan menginfeksi calon serangga-serangga zombie berikutnya.

5. Mutasi Gen

Bentuk fisik mahluk hidup dipengaruhi oleh susunan gen mahluk tersebut. Selain mempengaruhi morfologi tubuh mahluk hidup, ternyata gen juga dapat menentukan sifat dan karakteristik seseorang. Hal inilah yang dapat menjelaskan, kenapa jika dalam silsilah keluarga seseorang ada yang memiliki riwayat penyakit kejiwaan, maka orang tersebut memiliki kemungkinan yang cukup besar untuk menunjukan gejala penyakit kejiwaan yang sama.

Susunan gen didalam tubuh manusia dapat diubah dan dimodifikasi. Proses ini disebut sebagai mutasi gen. Untuk terjadinya mutasi, gen didalam tubuh seseorang harus terkena radiasi yang cukup agar susunan protein gen tersebut dapat terpecah dan membentuk susunan yang baru. Dalam proses mutasi ini, ada kemungkinan gen yang dihasilkan dapat membuat seseorang memiliki sifat yang agresif dan brutal. Jadi bisa dikatakan mutasi gen mungkin dapat menjadi awal terjadinya zombie apocalypse.

6. Toxoplasma Gondii (Cat's Lover Zombie)

Didalam siklus hidupnya, parasit toxoplasma tumbuh didalam tubuh hewan yang berdarah panas dan akan berkembangbiak didalam tubuh kucing. Dalam sebuah penelitian, seekor tikus yang telah diinfeksi parasit toxoplasma akan menunjukan perilaku yang abnormal. Tikus ini tidak akan merasa takut apabila berada disekitar kucing, malahan tikus ini akan mendekati kucing. Tentu saja jika hal ini terjadi, tikus tersebut akan menjadi santapan si kucing dan selanjutnya parasit toxoplasma dapat dengan bebas berkembangbiak didalam tubuh kucing.

Parasit toxoplasma terkadang tidak menunjukkan gejala penyakit yang membahayakan tetapi parasit ini mampu mengubah perilaku inang yang telah terinfeksi. Dan yang paling mengejutkan adalah ternyata hampir sebagian besar manusia sudah terinfeksi parasit toxoplasma.

Parasit ini mampu merubah presepsi inangnya (tikus / manusia) agar menyukai dan mendekati kucing. Hal inilah yang dapat menjelaskan kenapa manusia sangat suka terhadap kucing. Bisa jadi parasit toxoplasma telah mengendalikan pikiran manusia agar selalu berada disekitar kucing seperti perilaku tikus yang memiliki parasit toxoplasma.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Zombie Bangkit dan Akan Terjadi Seperti Zombie Apocalypse , Benarkah ?"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top